menghalau tembakau

Havel,

Sesekali, perlu juga kita melakoni sesuatu yang “berarti.” Misalnya, mengurangi konsumsi tembakau.

Biasanya, aku mengisap sebungkus rokok dalam sehari. Saat tenggat pekerjaan mendesak, bisa dua bungkus. Dua pekan ini, aku hanya mengisap tak lebih dari sebatang kretek saban hari. Itu galib terjadi usai santap siang.

Sejak kuliah, aku telah bergabung dengan puluhan juta perokok di Indonesia. Di kampus, kebanyakan teman lelakiku juga merokok. Uh, nikmat benar jika berhimpun ditemani rokok dan kopi. Lalu, kerap dengan sok pintar, kami berbusa-busa membedah politik, ekonomi, budaya, sejarah. Aku pernah mengibaratkan: rokok itu pengantin pria, kopi itu pengantin perempuan. Bersualah mereka di peraduan…(Kini, kopi pun agak kujauhi.)

Satu lagi. Dulu, di kemasan rokok selalu ada kalimat, “Peringatan pemerintah: merokok dapat mengganggu kesehatan. Setengah berseloroh, seorang teman justru menjadikannya sebagai dalih untuk terus merokok. “Aku tak suka pemerintahan Suharto. Karena itu, aku lawan peringatan mereka,” katanya. He..he..

Statistik bicara, negeri ini niscaya teramat “ramah” buat para pecandu nikotin. Nyaris di semua lokasi, kita bisa merokok. Pembatasan kadar tar nihil. Juga minus kebijakan harga yang membatasi. Tak mengherankan jika, menurut sahibul hikayat, diperkirakan konsumsi rokok Indonesia tiap tahun mencapai 199 miliar batang atau di urutan kelima setelah China (1.679 miliar batang), AS (480 miliar), Jepang (230 miliar), dan Rusia (230 miliar). Nilai uang yang dibelanjakan rakyat Indonesia untuk rokok 2,5 kali lipat ketimbang biaya yang digerojokkan untuk pendidikan dan 3,2 kali lipat ongkos kesehatan.

Tentu, deretan data itu tak relevan secara personal. Ada alasan-alasan lain yang melatarbelakangi keputusan ini. Dan, kiranya semua orang yang pernah sekolah mafhum.

Ya, sesekali, kita memang perlu melakoni sesuatu yang “berarti”…

Advertisements
menghalau tembakau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s