tentang ucok

from yus ariyanto
to hawe setiawan
date Apr 12, 2007 5:38 PM
subject kios buku pasar jumat

ji,

aku penasaran dengan kios buku bekas di pasar jumat yang anda sebut-sebut dalam tanda tangan karen. letaknya di sebelah mana? dekat terminal lebak bulus? atau, malah mengarah ke gedung fedex?

siapa tahu kalo lagi mengantarkan anakku ke rumah neneknya, aku bisa mampir ke sana…

hatur nuhun.

salam,
yus

from hawe setiawan
to yus ariyanto
date Apr 12, 2007 11:49 PM
subject Re: kios buku pasar jumat

Yus yang baik,

Dari Lebak Bulus, lurus saja ke arah persimpangan jalan, yang salah satu jalannya menuju ke Pondok Indah yang sejajar dengan jalan tol itu. Persis di titik persimpangan itu, di sebelah kiri jalan, ada kios-kios: warung mie bakso, tukang jahit, toko kelontong (?). Kios buku yang kumaksud ada di antara kios-kios itu: kurang tampak dari jalan raya. Nama pemiliknya Efendi Simanjuntak (aku salah cetak euy, menyebut Siahaan dalam koran). Aku suka panggil dia, Ucok. Orangnya baik. Ramah. Senang bergaul. Murah senyum. Tubuhnya kurus.

salam,

hawe s.

from yus ariyanto
to hawe setiawan
date Apr 13, 2007 9:28 AM
subject Re: kios buku pasar jumat

oke. nuhun atas infonya.

(Havel dan Kafka,

Dua bulan setelah percakapan di atas, aku baru berkesempatan bertemu Ucok. Hawe benar: Ucok ramah dan senang bergaul. Beberapa pekan silam, aku ke kiosnya. Tapi, Ucok sedang pergi. Hanya ada kerabat perempuannya yang menjaga.

Siang tadi, kami sempat ngobrol. Termasuk, rencananya membuka gerai di Cinere—selain di Pondok Pinang itu, ia juga punya di Pamulang. Aku lebih sebagai pendengar. Kadang tertawa, jika ia berkelakar.

Dua bulan setelah percakapan di atas, aku mulai percaya, kios Ucok memang “surga” bagi pemburu buku-buku bekas. Berlimpah dan murah.)

tentang ucok

8 thoughts on “tentang ucok

  1. eh yus, gua bingung. Yang ramah dan senang bergaul itu si Ucok atau kerabat perempuannya itu? Lu ngobrol ama Ucok (yang ‘sedang pergi’) atau ngobrol ama kerabat perempuannya? he..he..he

  2. kalo dari blok m, anda naik metro mini 611. trus, nyambung lagi. bisa pake 611, 72, atau 79. turun aja sebelum pintu masuk tol bsd (50 meter sebelum gedung FedEx)

    tengkyu sudah mampir.

Leave a Reply

