magnis

Havel dan Kafka,

Kala Romo Magnis membikin berita, ingatanku sontak tersangkut pada Wayang dan Panggilan Manusia. Kitab tipis, terbitan Gramedia. Pada salah satu bagian, pria kelahiran Jerman itu memaparkan beda mendasar antara Mahabharata dan Ramayana.

(Belasan tahun lalu, saat belajar menulis untuk majalah kampus, aku mesti menunggu di gardu. “Romo bilang, kurang lima menit. Jam sembilan pas, Anda baru bisa ketemu beliau,” ujar petugas satpam di kampus di Jembatan Serong itu.)

Dalam Ramayana, para tokohnya jelas: atau hitam atau putih. Rama adalah putih. Rahwana sebaliknya. Dari segi moral, epos Ramayana, “…terang-benderang, tak ada kebimbangan atau ambiguitas, dari permulaan kita tahu siapa yang baik dan siapa yang buruk…,” tulis lelaki yang sejak 1961 tinggal di Indonesia tersebut.

Perihal Mahabharata, ungkap Magnis, lebih kompleks. Demarkasi itu tak terbentang gamblang. Pada sisi Pandawa, hadir juga unsur kedurjanaan. Lihat, Yudhistira yang mempertaruhkan Drupadi saat berjudi dengan seratus anak Gandari dan Destarata. Sementara, kekelaman hati bukan warna tunggal kaum Kurawa. Keluhuran pekerti pun memancar. Tengok sosok semacam Resi Bisma.

(Sekitar dua tahun lalu, seseorang bertubuh jangkung tiba dengan skuternya. Kami sama-sama tengah mencari parkir. Ah, Romo Magnis. Siang itu, di Perpustakaan Nasional, Salemba, ada bedah buku Das Kapital.)

Betapa Mahabharata, anak-anakku, jauh lebih dekat dengan hidup dan kenyataan. Betapa Mahabharata, pada akhirnya, jauh lebih menggetarkan.

Advertisements
magnis

2 thoughts on “magnis

  1. Salam kenal…

    Saya penggemar Romo Magnis.
    Tulisannya membuka mata dan menggugah jiwa.
    Salah satu yg favorit saya adalah: Kuasa dan Moral.

    Salam
    Mata Dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s