langit memanggil sigit

Havel dan Kafka,

Kabar itu sungguh mengejutkan: Sigit Haryoto dipanggil Tuhan. Aku tak mengenalnya secara pribadi. Menilik usia, aku sembilan atau sepuluh tahun lebih muda. Tapi, pergaulan di Bandung, belasan tahun silam, sempat membuatku berjumpa dengannya, beberapa kali.

Nama Sigit menempel di kepala pertama kali ketika ia menggondol hadiah harapan dalam lomba esei yang digelar Kompas di awal 1990. Pemenang harapan lain adalah Radhar Panca Dahana. Putu Wijaya menjadi pemenang pertama.

Ini judul esei Sigit: Para Pewaris. Disusun dengan bahasa yang lentur dan plot non-konvensional, tulisan itu berkisah tentang para aktivitas mahasiswa: diskusi, baca buku, demonstrasi. Plus, kian tergerusnya harapan di rekening kesadaran mereka masing-masing tentang negeri ini. Aku baru delapan belas tahun, tiap pagi masih mengenakan putih dan abu-abu.

Jika ingatanku lempang, saat itu, Sigit masih menjadi koresponden Tempo di Kota Kembang. Pada masanya, ia adalah pentolan Studi Teater Mahasiswa (Stema) ITB. Belakangan, ia hengkang dari Tempo, ikut ramai-ramai ke perahu Sutrisno Bachir bernama Prospek.

Beberapa bulan silam, aku berkomunikasi dengan Sigit. Via SMS dan surat elektronik. Ini terkait dengan perburuan Sigit atas album-album Leo Kristi, sang troubadur itu. Yang kusesali, aku agak setengah hati “menolong” dia.

Ini suratku ke Sigit:

yus ariyanto < yus.ariyanto@gmail.com>
to satemercon@yahoo.com
date May 8, 2007 11:49 AM
subject soal leo kristi
mailed-by gmail.com

mas sigit,

saya baca blog pak budi rahardjo dan baca reply anda. begini, saya punya kopian lagu-lagu leo kristi dalam bentuk mp3. kalau mau, saya akan memberikannya secara gratis kepada anda. tapi, gak usah ribut-ribut…he..he..saya gak enak.

dulu, kopian ini sempat beredar di milis leo kristi. tapi, belakangan, dihentikan karena leo berang saat mengetahuinya. ia punya kompilasi karya-karyanya dalam bentuk cd. lengkap. banderolnya rp1 juta. soal kualitas sound tentu lebih prima ketimbang punya saya (dan sejumlah teman lain).

silakan pilih.

salam,
yus
–saya ini adik kelas gangsar sukrisno, bos bentang itu.

langit memanggil sigit

2 thoughts on “langit memanggil sigit

  1. Saya juga tidak kalah terkejutnya, karena sehari sebelum kejadian, kami masih asyik ber-sms. Bahkan dua minggu sebelumnya saya masih sempet nginep di rumah Cimanggu untuk ketemu tante Linda dan sepupu-sepupu terutama Tari yang lucu.

    Sungguh sayang, di saat saya mulai berguru… gurunya sudah pergi duluan…

  2. sepertinya sigit adalah sahabat karib yang super baik untuk anada
    sehingga membuata anda begitu kehilangan saat lanmgit memanggilnya
    saya tidak tau siapa dia
    namanyapun baru kali ini saya baca dari blog anda
    turut berduka atas kepergian beliau
    semoga selalu dalam rahmatulloh.amin.
    semoga anda yng di tinggalkanya
    bisa mendapatkan sigit sigit yang lain
    reinkarnasi???????????

Leave a Reply

