surga yang sirna

Havel dan Kafka,

Kwitang adalah semacam surga. Kini, surga itu tak lagi ada. Digusur. Para pedagang buku bekas yang puluhan tahun mendiami diminta pindah ke salah satu lantai di Pasar Senen, sekitar satu kilometer ke utara.

Hingga berita itu tiba, Kwitang seperti lolos dari ingatan. Sejak pertengahan tahun lalu, sejak pindah ke kantor sekarang, aku belum pernah lagi menginjakkan kaki di sana.

Sebelumnya, berhubung cukup dekat kantor, minimal sebulan sekali aku mampir. Tak selalu membeli. Tergantung koleksi yang tersaji. Aku tak pernah menghitung jumlah buku di rumah yang berasal dari Kwitang. Agaknya puluhan.

Di sana, misalnya, aku menemukan Killing Pablo karya Mark Bowden seharga 50 ribu perak. Murah untuk ukuran buku hardcover 300-an halaman yang kondisinya masih 90%. Masih dari tangan Bowden, beberapa waktu kemudian, aku mendapati Black Hawk Down yang cuma dibanderol 10 ribu perak. Kondisinya 95%. Jadi siapa bilang Kwitang bukan surga?

Buat sejumlah orang, Kwitang bukan opsi. Panas yang membakar tempurung kepala, debu jalanan, plus aroma knalpot bajaj menjadi penghalang serius. “Toko buku bekas di Pasar Festival, Kuningan, pasti lebih nyaman; pakai AC dan gak bising oleh lalu-lintas,” kata mereka. Tentu di sini berlaku pula pameo tua: ada harga, ada rupa.

Ada satu masa Kwitang harus berterima kasih pada Ada Apa dengan Cinta?. Rangga, yang diperankan Nicholas Saputra, dikisahkan mengajak Cinta, dilakoni Dian Sastrowardoyo, ke Kwitang, tempat ia sering berburu buku lama. Syuting pun digelar di sana, kamera menangkap tumpukan-tumpukan kitab di jantung metropolitan ringkih bernama Jakarta.

Lalu, benar belaka: tak ada surga (permanen) di dunia. Bursa buku Kwitang sirna. Meski ada lokasi pengganti, suasana tak akan pernah sama.

Advertisements
surga yang sirna

2 thoughts on “surga yang sirna

  1. buku kwitang says:

    terima kasih untuk penulis yg mengerti keadaan kami.
    kami masih bertahan walaupun menjajakan dengan seadanya dan buku di ikat.
    kami akan tetap bertahan.
    salam buku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s